Friday, January 11, 2008

Kata Pengantar Al-Quran

NASARUDIN UMAR DI MELBOURNE

Profesor Nasaarudin Umar memberikan ceramah di Fakultas Hukum Universitas Melbourne, Australia dalam kunjungannya baru-baru ini.

Ceramah ini menarik sekali karena Nasarudin membuat kejutan dengan mengatakan bahwa diperlukan ‘Introduction’ untuk membaca Kitab Suci Al Quran untuk menghindarkan kefanatikan dan akan sangat berbahaya karena ‘sulit sekali’ untuk mencari padanan kata yang tepat dari perbendaharaan bahasa Arab ke dalam bahasa asing lainnya dan hampir tidak mungkin untuk menerjemahkannya dengan tepat.

Alternatif apa yang ada sekarang? Jangan baca Al Quran sebelum membaca ‘Introduction?’ Apakah buku ‘Introduction’ itu sudah diterbitkan? Atau baca Al Quran dan hanya mengharapkan ‘pahala?’ Kita dihadapkan ke suatu dilemma yang sulit sekali untuk dicari pemecahannya.

Hal kedua yang menarik diutarakan oleh Prof Nasarudin adalah ‘tempat perempuan di agama Islam’. Di masyarakat barat umumnya dan Australia khususnya ada persepsi yang kurang tepat tentang peranan perempuan di agama Islam.

Contohnya, pernah beberapa tahun yang lalu penulis ditanya apa betul perempuan yang beragama Islam di Indonesia disunat? Kaget juga ditanya pertanyaan seperti itu tapi ya, penulis ya nanya balik? Tahu dari mana? Apakah Anda punya bukti atau pernah melihatnya sendiri? Dia nggak biasa jawab! Artinya dia hanya dengar dari orang atau baca buku yang kurang bertanggungjawab.

Sayang ceramah tentang ‘Introduction’ dan ‘Peranan Perempuan’ tidak berkembang luas dan menarik karena menurut beberapa sumber kedatangan Prof Nasarudin Umar hanya direncanakan untuk kalangan terbatas dalam arti jumlah yang terbatas dan yang lebih mengagumkan dari Prof Nasarudin adalah penampilannya yang apik dan bahasa yang tenang dan halus.

No comments: